Sabtu, November 07, 2015

Cara Cek Peserta Ujian Nasional SD dan SMP Tahun 2015/2016

Cara Cek Peserta Ujian Nasional SD dan SMP Tahun 2015/2016 | Meskipun berdasarkan hitungan bulan, waktu Ujian Nasional masih lama tapi segala macam persiapan harus dilakukan lebih awal. Tujuannya adalah, agar pada saat pelaksanaannya nanti, semuanya sudah siap termasuk kevalidan data calon peserta ujian nasional. Maka dengan demikian, cek validitas calon peserta ujian nasional harus dilakukan sejak dini. Sekarang, kemdikbud sudah menyiapkan sebuah layanan online untuk pendaftaran dan pengecekan calon peserta ujian nasional.

Berdasarkan juknis yang dikeluarkan oleh kemdikbut tentang ujian nasional tahun 2015/2016, maka pendaftaran calon peserta ujian nasional dilakukan melalui aplikasi DAPODIK yang sudah ada di masing-masing kesatuan pendidikan. Jadi, pastikan data siswa pada DAPODIK, khususnya siswa kelas 6 harus benar-benar valid. Jika saat ini data pada dapodik belum valid maka bisa diperbaiki dengan menggunakan DAPODIK 4.0.1 dan jika sudah tidak bisa karena sudah expired maka mau tidak mau harus menggunakan fasilitas VerVal DAPODIK.

Selain input datas siswa secara benar pada aplikasi DAPODIK, pastikan juga bahwa sekolah (operator DAPODIK) sudah melalukan VerVal (Verifikasi dan Validasi). Coba cek pada http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan silakan login. Masuk pada menu Residu dan Konfirmasi,  pastikan apda kedua menu tersebut tidak ada daftar siswanya. Jika masih ada, itu artinya masih ada masalah yang harus diselesaikan dengan melakukan konfirmasi data.

Jika anda sudah 100% yakin semua data siswa benar dan sudah melaukan VerVal, maka langkah selanjutnya adalah cek data peserta ujian nasional tahun 2015/2016 dengan membuka link berikut :

http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
cek peserta ujian nasional 2016

Silakan login dengna menggunakan email dan pasword dapodik atau juga bisa menggunakan Kode Registrasi DAPODIK. Setelah anda login maka anda disuguhkan halaman beranda yang menginformasikan data detail dari operator sekolah. Silakan baca dan pastikan itu sudah valid. Kemudian silakan anda klik menu Calon Peserta UN. Pada tabel sebelah kanan maka akan ditampilkan data siswa kelas VI dari sekolah anda. Silakan cek satu persatu apakah sudah benar atau belum. Agar memudahkan dalam pengecekan silakan anda download aja daftar calon peserta ujian nasional tesebut dengan cara klik menu Unduh Peserta UN.


cek peserta ujian nasional 2016
cek peserta ujian nasional 2016

Namun, sebelum anda mendownload daftar calon peserta UN anda harus melakukan pengaturan urutan kursi terlebih dahulu. Jika, belum maka daftar peserta tidak akan bisa didownload. Caranya silakan klik menu Pengaturan No Kursi sehingga muncul Pop Up seperti berikut
cek peserta ujian nasional 2016


Screen shoot di atas adalah contoh dari sekolah yang memiliki dua kelas silang yaitu A dan B. Jika anda hanya memiliki satu kelas, maka di situ hanya akan ada satu kelas saja. Untuk melakukan pengaturan nomor kursi, silakn Doble Klik pada kolom Nama Urut Rombel, sehingga akan keluar List Number dan pilih berdasarkan urutan kelas anda (1, 2, 3 dst). Jika sudah, silakan klik Simpan.

Nah demikian cara cek peserta ujian nasional SD dan SMP tahun 2015/2016, sedangkan untuk tingkat SMA/SMK mungkin tidak akan jauh berbeda, hanya saja linknya berbeda. Untuk melakukan pengecekan data peserta ujian nasional SMA/SMK silakan buka link http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/

1 komentar:

  1. Kenapa pada Screen shoot keluar List Number hanya urutan (1), sementara list number lain tidak keluar/muncul. mohn pencerahan. Trim's

    BalasHapus

Resep Buat Kamu

Back To Top