Memahami Perbedaan Buku Kas Umum (BOS K3) dan Buku Kas Pembantu (BOS K4)

Memahami Perbedaan Buku Kas Umum (BOS K3) dan Buku Kas Pembantu (BOS K4) | Seperti yang kita ketahui bahwa dalam pengadministrasian BOS ada banyak format pembukuan yang kita kenal denga format BOS K1 sampai dengan format BOS K7. Dalam format BOS tersebut ada dua jenis pembukuan yang membuat saya bingung cara pengisiannya, yaitu antara BOS K3 dan BOS K4. Namun setelah saya pelajari ternyata ada perbedaan mencolok diantara keduanya. Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannnya.

Perbedaan Antara BOS K3 dan BOS K4

Baca Juga : Cara Mengerjakan Laporan BOS Dengan Aplikasi ALPEKA

Perbedaan Sumber Dana atau Pemasukkan

BOS K3 mencatat pemasukkan dana BOS secara global. Yaitu mencatat seluruh dana BOS yang diterima dalam satu kali periode atau triwulan. Sedangkan BOS K4 sumber danaya berasal adalah penarikan dana BOS dari bank.

Perbedaan Pencatatan Transaksi

BOS K3 mencatat semua transaksi baik tunai maupun non tunai. Contoh administrasi bank, pajak bang, dan bunga bank masuk dalam pencatatan BOS K3, sedangkan BOS K4 hanya mencatat transaksi tunai saja. Contoh transaksi pembelian barang, bahan habis pakai, kegiatan, jasa-jasa, setor pajak, dan transaksi tunai lainnya.

Baca Juga : Download Administrasi Guru Kelas Lengkap

Perbedaan Cara Pentutupan

BOS K3 ditutup dengan informasi kas tunak dan kas bank. Jumlah dari kedua kas ini harus sama dengan saldo berjalan dalam transaksi terakhir, sedangkan BOS K4 ditutup hanya dengan menginformasikan kas tunai saja yaitu saldo berjalan dari transaksi terakhir menggambarkan saldo kas tuna yang ada.

Nah itulah perbedaan antara Buku Kas Umum (BOS K3) dan Buku Kas Pembantu. Lalu bagaimana cara melihat balance dan tidaknya antara kedua buku ini?

Ada beberapa orang yang berpedapata bahwa antara kedua buku ini harus sama persis. Itu adalah pendapat yang salah. Yang dimaksud dengan balance antara kedua buku ini adalah adanya kesamaan antara saldo kas tunai pada Buku Kas Umum dan Saldo terakhir pada Buku Kas Pemabantu.

3 Responses to "Memahami Perbedaan Buku Kas Umum (BOS K3) dan Buku Kas Pembantu (BOS K4)"

  1. gak ada format k3 yg bisa di download bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan gunakan aplikasi ALPEKA aja, aplikasi pelaporan BOS resmi dari kemdikbud
      http://mangwaskim.blogspot.com/2016/04/cara-mengerjakan-laporan-bos.html

      Hapus
  2. Anonim9/20/2016

    mau download ALPEKA kok ngga bisa ya...

    BalasHapus