Tips OPS : Hindari Stres Kerja Dengan Cara Kerja Yang Menyenangkan

Tips OPS : Hindari Stres Kerja Dengan Cara Kerja Yang Menyenangkan | Dalam pembelajaran guru mengenal metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Nah, para operator sekolah  juga harus memiliki metode cara kerja yang menyenangkan. Kita tahu bahwa pekerjaan operator sekolah sangat banyak bahkan harus bekerja dibawah tekanan deadline. Makanya terkadang harus mengorbankan waktu istirahat agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Pekerjaan yang menumpuk dan tekanan deadline bisa seorang operator sekolah didera rasa stres berat. Apalagi kalau mindsetnya menganggap pekerjaan sebagai beban diperparah dengan keahlian IT yang kurang mumpuni. Huh..... bisa masuk UGD. Hahaha......

Stop!!! Jangan Stres!!!
Operator sekolah harus mencinptakan suasana kerja yang menyengkan agar terhindari dari stres akibat beban pekerjaan yang menumpuk. Apa saja yang harus dilakukan agar tidak stres dengan beban pekerjaan yang menumpuk? Inilah tipsnya.

Tips Menghindari Stres Akibat Pekerjaan Menumpuk

1. Jangan Anggap Pekerjaan Sebagai Beban

Ketika kita menggap sebuah pekerjaan sebagai beban maka akan terasa sangat berat. Ketika kita kita menganggap pekerjaan sebagai sebuah beban maka yang akan keluar hanya keluh kesa dan itu hanya akan menguras energi percuma tanpa bisa menyelesaikan pekerjaan. Nah apa yang kita dapat. Badan capek, energi terbuang percuma tapi pekerjaan tidak terselesaikan. Jelas itu sangat merugikan diri kita sendiri.

2. Niati Semuanya Sebagai Bentuk Ibadah Kepada Allah

Ibadah bukan hanya berupa sholat, puasa, naik haji atau hal-hal rutinitas agama lainnya. Bekerja juga bisa bernilai ibadah kalau diniatkan untuk memenuhi kewajiban kita sebagai manusia. Sebagai manusiaa memiliki kewajiban ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan hidup, apalai kalau sudah berkeluarga maka sebaik-baik jihad adalah mencari nafkah untuk keluarga.

3. Jadikan Pekerjaan Sebagai Hiburan

Nah inilah cara paling ampuh agar tidak stres dengan pekerjaan yang menumpuk. Kalau nomor 1 dan 2 mungkin hanya sebatas teori, tapi ini adalah praktik nyata yang sangat efektif untuk mengalihkan pearsaan lelah menjadi menyenangkan. Intinya, kita sebagai operator sekolah harus kreati dalam menjadikan pekerjaan menjadi sebuah hal yang menyengkan.

Caranya, kita bisa menjadikan pekerjaan sebagai sebuah candaan tapi tetap serius dalam pengerjaannya. Misal, ketika kita akan membagikan nomor meja UTS/UAS/UKK kepada guru kelas, kita bisa mengemasnya seolah-olah itu adalah uang gepokan yang akan diberikan kepada guru kelas. Saya yakin, ini adalah hal kecil dan terkesan iseng, tapi efeknya akan membuat kita sedikit tersenyum, apalagi saat nanti kita mendapatkan respon dari para guru kelas ketika menerima gepokan nomor meja tersebut. Ini contoh pekerjaan saya


Itu adalah salah satu contoh keisenga saya dalam menyelesaikan pekerjaan. Masih banyak cara lain untuk bisa membuat kita tersenyum, yang penting kita harus tahu posisi dan kondisi masing-masing pribadi. Jangan sampai keisengan kita justru akan membuat orang lain tersinggung yang akhirnya akan menimbulkan masalah baru.

Selain dengan cara-cara seperti itu, kita juga bisa sesekali mennyelipkan kata-kata humor ketika berkomunikasi dengan guru, kepala sekolah atau pegawai yang lain. Intinya, buatlah suasana kerja yang benar-benar menyenangkan.

Bagaimana? Apakah anda punya cara unik atau pengalaman unik dalam membuat suadana kerja lebih menyenangkan. Ayo kita share di sini, dan anggap saja artikel ini juga sebatas artikel candaan yang bisa menghibur. Hehe...
Comments
0 Comments

0 Response to "Tips OPS : Hindari Stres Kerja Dengan Cara Kerja Yang Menyenangkan"

Posting Komentar