Cara Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016 Versi 1.2

Cara Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016 Versi 1.2 | Aplikasi SPM adalah aplikasi untuk mengukur kualitas sebuah sekolah melalui sebuah kuisioner yang harus diisi oleh kepala sekolah, guru (PTK), siswa, komite sekolah dan pengawas sekolah. Dari hasil kuisioner tersebut maka akan dicapai sebuah ukuran mutu pendidikan dari sekolah yang bersangkutan.

Sampai saya mengetik artikel ini, belum ada sosialisasi dari dinas terkait tentang penggunaan aplikasi PMP ini. Namun sebagai langkah persiapan saja, saya sebagai operator sekolah sudah menginstal aplikasi PMP tersebut. Selain itu saya juga mempelajari cara kerjanya. Tujuannya, agar pada saatnya nanti aplikasi ini harus digunakan, maka saya sudah memiliki sedikit gambaran cara kerja.

Nah, bagi anda para operator sekolah mungkin juga memiliki pola pikir sama dengan saya. Meskipun belum ada sosialisasi terkait penggunaan aplikasi PMP dari dinas pendidikan setempat, maka tidak ada salahnya untuk menginstal dan mempelajarinya.

Cara menginstal aplikasi PMP versi 1.2 sangat mudah. Silakan anda unduh installer aplikasi PMP di sini. Setelah berhasil diunduh, silakan jalankan file installer tersebut. Jika ada notifikasi dari windows, langsung aja klik Yes sehingga keluar perintah instalasi selanjutnya seperti gambar berikut.


Nah kalau sudah keluar seperti di atas, tinggal klik lanjut, lanjut dan lajut saja sampai finish. Tidak ada yang sulit dalam menginstal aplikasi PMP ini.

Setelah selesai menginstal silakan anda bukan aplikasi PMP, jika keluar seperti ini di browser anda itu artinya sudah berhasil.


Silakan login dengan menggunakan email dan pasword dari aplikasi dapodik anda.

Persyaratan : Anda sudah menginstal apliaksi dapodik 2016 a. Jika belum silakan anda baca :
>>> Cara Update Dapodik 2016 Terbaru

Jadi anda tidak bisa menginstal aplikasi PMP secara terpisah dari dapodik, karena data yang akan diambil adalah data dari dapodik. Misal data profil pengguna, data sekolah, data guru dan data siswa. Setelah berhasi login langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengcopy data guru dan data siswa. Tujuannya agar guru dan siswa bisa mengisi kuisioner yang tersedia.

Cara Copy Data Dari Dapdik ke Aplikasi PMP

Silakan klik menu Manajemen Pengguna, kemudian klik Salin Peserta Didik dan Salin PTK. Secara otomatis data guru dan siswa dari dapodik akan masuk.


Nah demikian cara menginstal aplikasi PMP 2016 versi 1.2, untuk selanjutnya cara mengisi kuisioner pada apliksi PMP akan dibahas pada artikel selanjutnya. Tentunya setelah saya mencoba sendiri. Hehehe.....

1 Response to "Cara Install Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) 2016 Versi 1.2"