Panduan Cara Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah Pada Aplikasi PMP 2016

Panduan Cara Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah Pada Aplikasi PMP 2016 | Aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) adalah aplikasi untuk mengukur kualitas sebuah sekolah. Metode yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket yang harus diisi oleh kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah dan pengawas sekolah. Namun angket yang harus diisi ada dalam sebuah aplikasi yang disebut aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP).

Untuk itu, pada semua satuan pendidikan diwajibkan untuk menginstal aplikasi PMP dan menggunakannya untuk melakukan mengumpulkan angket secara online. Caranya sangat mudah, semua forumulir angket atau kuisioner sudah ada dalam aplikasi PMP.

Nah yang harus dilaukan oleh seorang operator sekolah adalah memberikan printout atau cetak dari formulir angket untuk masing-masing kepala sekolah, guru, siswa, komite dan pengawas. Setelah diisi, anda tinggal memasukkannya ke dalam aplikasi PMP. Namun anda juga bisa langsung meminta yang berkepentingan untuk mengisi langsung dalam aplikasi PMP, artinya anda tidak perlu mencetak formulir angket.

Perlu diperhatikan, pastikan anda sudah menginstal aplikasi PMP dan memasukkan data guru dan siswa dari dapodik ke aplikasi PMP. Caranya silakan baca :

>>> Cara Instal Aplikasi PMP

Sekarang saya anggap anda sudah menginstal aplikasi PMP dan sudah memasukkan data guru serta siswa dari dapodik ke aplikasi PMP. Mari kita lanjutkan ke cara mengisi kuisioner atau angket kepala sekolah. Silakan anda login pada aplikasi PMP anda dengan menggunakan akun dapodik.




Selanjutnya langsung saja menuju ke menu Tukar Pengguna. Silakan pilih PTK yang menjadi kepala sekolah anda, kemudian klik Tukar. 


Aplikasi langsung akan merefresh dirinya sendiri secara otomatis dan kemabali ke menu Dasboard dan sudah berganti profil. Kalau tadi saat login, profilnya adalah operator sekolah sekarang sudah berganti menjadi kepala sekolah. 


Jika profil sudah berubah seperti di atas, itu artinya tukar pengguna sudah berhasil dan anda siap ke langkah selanjut mengisi angket kepala sekolah yang terdiri dari 7 Point (A - F) dan setiap hurufnya terdiri dari beberapa point lagi, misal A1, A2, A4 - A7.


Untuk memulai mengisi angket silakan anda klik menu kuisioner yang ada pada sidebar kiri (dintadai kotak biru), misal anda klik A. Hasil Belajar, maka formulir A1 akan terbuka, silakan anda isi dengan cara mengklik pada bulatan-bulatan yang sesuai dengan kondiri real (seuai dengan angket yang sudah diisi oleh kepala sekolah). Untuk melanjutkan ke mengisi angket (membuka pertanyaan selanjutnya) silakan klik Pertanyaan Selanjutnya.  Terus lakukan ini sampai habis satu halaman (A.1), pertanyaan dalam satu point habis dengan ditandai dengan tidak adanya tombol Pertanyaan Selanjutnya, silakan langsung aja klik Simpan.

Lanjutkan mengisi angket ke halaman-halaman berikutnya sampai selesai semua. Caranya sama saja, setelah selesai melakukan pengisian angket langsung klik Simpan.

Demikian panduan cara mengisi kuisioner kepala sekolah pada aplikasi PMP 2016 yang saya share untuk anda para operator sekolah di seluruh Indonesia. Selamat bekerja dan tetap semangat.

1 Response to "Panduan Cara Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah Pada Aplikasi PMP 2016"