Selasa, Februari 21, 2017

Tips Agar Percaya Diri Dalam Pergaulan Sehari-Hari

Tips Agar Percaya Diri Dalam Pergaulan Sehari-Hari | Merasa percaya diri atau confiden adalah salah modal penting dalam sebuah pergaulan. Ketika diri merasa percaya diri, maka akan tampil lebih elegan dalam setiap pergaulan. Alhasil, mereka yang memiliki rasa percara diri akan mudah diterima dalam berbagai lingkungan.

Kita tahu betapa pentingnya memiliki rasa percaya diri dalam sebuah pergaulan. Namun, tidak semua orang bisa tampil percaya diri, yang disebabkan oleh berbagai faktor. Ada dua faktor yang mempengaruhi apakah seseorang bisa tampil percaya diri atau tidak, yaitu faktor internal dan eksternal. Yang paling berpengaruh adala faktor internal atau faktor dari dalam diri orang itu sendiri.

Nah, untuk memunculkan rasa percaya diri dalam pergaulan, berikut saya share tips-tips untuk memunculkan rasa percaya diri pada anda. Jadi, bagi anda yang saat ini merasa kurang PD atau kurang percaya  diri dalam pergaulan, lanjutkan baca artikel sampai tuntas.

Tips Agar Percaya Diri Dalam Pergaulan

Tips Agar Percaya Diri Dalam Pergaulan

1. Kenali Diri Anda Sendiri

Kita sering mendengar dan membaca pepatash yang mengatakan "tidak kenal maka tak sayang". Pepatah ini sangat tepat dan tidak hanya berlaku untuk mengenal orang lain saja tapi lebih utama untuk mengenal diri sendiri. Kalau kita saja tidak mengenal diri sendiri bagaimana kita akan menyayangi dan bangga dengan diri sendiri. Kalau tidak ada rasa bangga pada diri sendiri, maka rasa percaya diri itu tidak akan bisa muncul. Maka sangat penting untuk mengenali siapa diri kita.

Mengenal diri sendiri dalam artian lebih dalam, bukan hanya mengenal nama, darimana asal dan seterusnya, akan tetap mengenal lebih dalam tentang jati diri kita sendiri. Mengala kekurangan dan kelebihan diri sendiri.

a. Kenali Kelebihan Diri Sendiri

Setiap orang ditakdirkan memilki potensi atau kelebihan yang mungkin kelebihan tersebut tidak ada pada diri orang lain. Gali terus potensi yang kita miliki dan tunjukkan pada dunia bahwa kita memiliki kelebihan sehingga layak untuk dibanggakan. Namun, jangan over akting. Karena teman dalam pergaulan secara umum tidak suka dengan orang yang over confiden.

b. Kenali Kekurangn Diri Sendiri

Mengalai kekurangan diri sendiri bukan untuk menjadikan kita rendah diri, tapi untuk menjadi bahan instropeksi diri dan menjadi bahan untuk terus belajar. Jadikan kekuarang kita untuk mendorong kita menjaid mansuai pembelajar. Setiap saat, setiap waktu adalah sebuah pembelajaran sehingga  kita terus berproses ke arah yang lebih baik.

2. Jadilah Manusia Yang Pandai Bersyukur

Sebaik-baik manusia adalah mansuai yang pandari bersyukur. Apapun dan seberapapun kebaikan yang kita miliki syukuri itu. Cara bersyukur yang baik bukan hanya mengakui kebaikan itu dari Allah dengan mengucap alhamdulillah, melainkan memanfaatkan potensi yang kita miliki untuk hal-hal yang baik.

3. Berpikir Positif dan Bertindak Positif

Jauhkan prasangka-prasangka buruk baik mengenai diri sendiri terlebih mengenai orang lain. Karena pikiran-pikiran buruk hanya akan memunculkan perkataan dan perbuatan buruk. Misal sumpah serapah, umpatan dan bahkan bisa berujung pada kebencian. Jadi sangat penting untuk mensetting pikiran kita agar selalu berpiir positi terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dengan demikian maka akan menghasilkan perbautan-perbuatan positi yang akan terus mendorong diri sendiri merasa pantas untuk dihargai.

4. Bantu Orang Lain Dengan Tulus

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Biasakan untuk bisa menolong orang lain dengan pertolongan sekecil apapun. Bentuk pertolongan tidak hanya dalam bentuk materi, tapi bisa dalam bentuk tenaga dan pemikiran. Setelah selesai menolong lihat betapa orang yang ditolong merasa bahagia dan rasakan juga ternyata ada rasa bangga pada diri anda karena sudah bisa menolong. Jika ini dibiasakan maka akan memunculkan rasa percaya diri karena anda merasa hidup anda bermanfaat untuk orang lain memang layak untuk dibanggakan. Namun bukan berarti menolong orang karena ingin dibanggakan oleh orang lain, lakukan itu dengan tulus. Baik orang melihat kebaikan anda atau tidak.

5. Perhatikan Penampilan

Dalam sebuah pergaulan tidak bisa lepas dari sebuah penampilan. Ingat kesan pertama didapat dari pandangan, jadi jagalah penampilan anda. Penampilan yang dimaksud bukan penampilan dalam berpakaian semata, meskipun kita tahu pakaian juga mempengaruhi pandangan orang terhadap diri kita. Namun ada yang lebih pentind dari itu, yaitu penampilan dalam sikap atau atitude. Bersikap secara wajar dan hiasilah setiap momen dengan senyuman. Misal pada saat bertemu dengan orang dalam pegaulan melangkahlah dengan pasti (jangan menunduk), berikan senyuman dan ulurkan tangan untuk bersalaman. Biacaralah dengan penuh keramahan, maka lingkungan pergaulan anda akan menghargai anda dan menerima anda dengan penuh rasa hormat.

6. Sadarilah Tidaka Ada Yang Sempurna

Jangan pernah berpikir bahwa orang lain itu sempurna dan anda ingin sempurna. Karena tidak ada maunsia yang sempurna. Setiap kita dibungkus dengan kekurangan dan kelebihan. Jangan minder ketika melihat orang lebih unggul dalam satu bidang, karen kita juga pasti memiliki potensi di bidang lain. Begitupun juga jangan minder ketika kita lemah dalam satu sisi, karena orang lain juga pasti memiliki kelemahan di bidang lain yang tidak kita ketahui.

7. Belajarlah Dari Kesalahan

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan yang terkadang membuat mental sangat down. Itu wajar, tapi jangan jadikan kesalahan sebagai kejadian yang harus terus disesali. Cara terbaik memperlakukan kesalahan adalah dengan memperbaikinya, bukan dengan menyesalinya. Dengan demikian maka kita tidak akan jatuh pada kesalahan yang sama dan sudah tahu bagaimana bersikap yang baik dalam masalah yang sama.

Demikian 7 tips agar percaya diri dalam pergaulan sehari-hari, tips ini sangat penting bagi saya, anda dan kita semua yang selalui tidak lepas dari pergaulan dengan manusia lainnya. Kita tahu dalam pergaulan banyak orang dengan berbagai macam karakter, maka memerlukan cara dan sikap yang tepat untuk bergaul dengan berbagai karakter manusia tersebut. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk minder atau tidak percaya diri. Tersenyumlah dan yakinlah saya, anda dan kita semua layak untuk dihargai dan dibanggakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top