Senin, Juli 17, 2017

Guru Mutasi Wajib Baca! Cara Merubah Satminkal Pada Aplikasi SIM PKB

Guru Mutasi Wajib Baca! Cara Merubah Satminkal Pada Aplikasi SIM PKB | Halo sahabat operator sekolah dan guru di seluruh Indonesia. Apa kabar? Bagaimana hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran 2017/2018 ini? Semoga semua operator sekolah dan guru di seluruh Indonesi selalu dalam naungan perlindungan Allah SWT dan selalu mendapatkan spirit sehingga tetap semangat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai guru dan juga sebagai operator sekolah.

Pada tahun ajaran baru 2017/2018 ini, ada sebagian guru yang dialih tugaskan (mutasi). Hal ini adalah hal yang biasa terjadi pada sistem kepegawaian, mutasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh sekolah sehingga ada pemerataan mutu pendidikan. Sejalan dengan dimutasikannya sebagaian guru, maka ada perubahan data secara online.

Perubahan data di aplikasi dapodik, tentunya menunggu aplikasi dapodik terbaru. Namun ada yang mendesak harus segera dikerjakan, yaitu merubah data guru pada aplikasi SIM PKB 2017.

SIM PKB yaitu aplikasi pengganti aplikasi guru pembelajar yang sudah berjalan di tahun sebelumnya. Data-data juga masih menggunakan data yang sudah diinput pada tahun sebelumnya. Nah, bagi guru yang mengalami mutasi maka wajib mengupdate data satminkal pada aplikasi SIM PKB tersebut.

Bagaimana caranya?
Silakan anda login pada aplikasi SIM PKB, melalui alamat https://simpkb.id
silakan login dengan username dan pasword guru pembelajar yang anda miliki. Setelah login anda akan mendapatkan pesan sebagai berikut.

Silakan langsung klik OK saja, sehingga anda akan masuk ke beranda akun SIM PKB anda. Untuk mengganti satminkal SIM PKB, anda harus masuk ke profil anda, gulung atau scroll ke bawah sampai pada tampilan berikut ini.


Klik profilku, selanjutnya anda akan melihat tampilan sebagai berikut


klik pada icon (gambar) pensil, lihat yang saya beri tanda linkaran dan anak panah. Selanjutnya, anda akan disuguhkan tampilan seperti berikut


Klik lagi pada icon (gambar) pensil seperti yang saya beri tanda lingkaran. Pada tampilan selanjutnya, seperi tampak di bawah ini


silakan anda cari nama sekolah dimana anda ditugaskan, setelah ketemu langsung klik, kemudian klik simpan. Anda akan diminta untuk mencetak bukti pengajuan yang nantinya anda kirimkan ke operator dinas pendidikan tingkat kabupaten. Setelah disetujui, maka data perubahan akan menjadi permanen, dan jika ada kesalahan pemilihan satminkal anda harus melakukan perubahan lagi dan mengajukan perubahan lagi.

Demikian cara merubah satminkal pada aplikasi SIM PKB tahun 2017, semoga bisa membantu para guru yang pada tahun ini mengalami mutasi. Tetap semangat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top