Sabtu, September 09, 2017

Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online Tahun 2018

Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online Tahun 2018 - Daftar hadir guru online adalah fasilitas terbaru dari kemdikbud untuk mengetahui tingkat kehadiran guru dan tenaga kependidikan di Indonesia secara online. Sesuai dengan motto dapodik yaitu "SATU DATA", maka daftar hadir online inipun tidaklah berdiri sendiri, melainkan terintegrasi dengan data dapodik.

Sekali lagi saya nyatakan terintegrasi dengan data dapodik, bukan terintegrasi dengan aplikasi dapodik. hehehe.....

Kalau saya katakan terintegrasi dengan aplikasi dapodik, maka daftar hadir harus menjadi fitur yang ada dalam aplikasi dapodik, tapi kalau saya katakan datanya yang terintegrasi dengan data dapodik, itu artinya data guru dan pegawai mengambil dari data yang dikirim oleh satuan pendidikan dengan aplikasi dapodik.

Oke, saya rasa tidak penting membahas itu. Yang penting bagi seorang OPS (Operator Sekolah) adalah bagaimana teknis Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online Tahun 2018. Maka dari itu, langsung aja saya ke teknis cara pengisian daftar hadir guru dan tenaga kependidikan online.

Pertama, silakan anda masuk ke alamat http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id.

Hmmm.... kok gak bisa loading ya websitenya? Ya, alamat yang satu ini sampai saya mempublish artikel ini masih bermasalah. Tapi tenang saja, ternyata ada alamat alternatif yang dijamin lancar tanpa hambatan, silakan anda buka alamat ini http://223.27.144.195:2017

Jika berhasil loading maka anda akan melihat tampilan seperti ini
silakan anda isi NPNS sekololah anda, user ID anda isi dengan email Dapodik dan password juga anda isi dengan pasword aplikasi dapodik, jangan lupa isikan juga kode captcha, kemudian klik Login.

Setelah berhasil login, anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini
Jika anda baru pertama kali login dan belum membuat atau mengisi daftar hadir, anda tidak akan melihat adanya diagram batang. Oke, sekarang silakan langsung aja deh mengisi daftar hadir.

Untuk memulai mengisi daftar hadir, anda harus mengisi dulu kalender pendidikan. Duh kok ribet banget.....

Gak, gak ribet kok. Malah sangat mudah. Jangan bilang sulit dulu kalau belum mencoba. Untuk mengisi kalender pendidikan silakan anda perhatikan pada bagian data sekolah seperti gambar di bawah ini.
Untuk mengaktifkan kalender pendidikan, silakan anda klik aja semua tombol OK yang ada di data sekolah (lihat yang saya beri tanda kotak merah). Ini berada di bagian bawah padad tab data sekolah, jadi anda harus menarik scroll ke bawah untuk melihat ini.

Setelah selesai mengaktifkan kalender pendidikan, selanjutkan silakan anda klik menu Kehadiran seperti nampak pada gambar berikut.
Karena anda belum membuat daftar hadir, maka anda hanya akna melihat halaman kosong. Selanjutnya silakan anda pilih semester, kemudian pilih bulan dimana anda akan mengisi daftar hadir, kemudian klik Buat Daftar Hadir. Eng ing eng, daftar hadir langsung sudah terisi, lihat screen shoot di bawah ini.
Setelah klik Buat Daftar Hadir, otomatis daftar hadir akan terisi secara penuh satu bulan (jika bulan tersebut sudah selesai). Untuk menyesuaikan dengan guru yang ijin atau berangkat tanpa keterangan, silakan anda klik dimana guru tersebut ijin atau alpa sehingga pada tanggal tersebut centangannya menjadi hilang.

Nah itulah Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Online Tahun 2018, ternyata sangat mudah dan cepat kan. Tidak sulit kok, terkadang para OPS suka takut sama bayangan. Belum juga dicoba sudah merasa takut kalau kerjaan sulit, takut kalau kerjaan sangat banyak dan lain sebagainya. Ayo para OPS di seluruh Indonesia, tetap semangat dan tetaplah tersenyum. Hehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top