Minggu, Oktober 22, 2017

Anak Anda Kecanduan HP? Bahaya!!! Segera Atasi Dengan 6 Tips Berikut

Anak Anda Kecanduan HP? Bahaya!!! Segera Atasi Dengan 6 Tips Berikut - Ini adalah jaman gadget, ini adalah jaman digital. Malu kalau anak tidak kenal dengan HP, tidak kenal dengan mainan gadget, tidak kenal dengan permainan online. Mungkin sebagian dari orang tua ada yang berpikrian seperti itu sehingga sejak kecil anak sudah dibiasakan bermain HP. Bahkan ketika anak masih bayi, sudah dikenalkan dengan HP. Misal, pada anak rewel maka orang tua yang merasa modern dan merasa memiliki peralatan modern, akan mengalihkan rewel anak pada HP atau peralatan gadget lainnya.

Awas, anak akan menjadi kecanduan HP!
Ternyata, yang menyebabkan orang mabuk, yang menyebabkan anak menjadi rusak dan menyebabkan anda menjadi kecanduan bukan hanya makanan dan minuman yang mengandung zak adiktif, tapi HP juga bisa membuat anak kecanduan.

6 Ciri-Ciri Anak Kecanduan HP


  1. Setiap hari tidak bisa lepas dengan HP
  2. Anak lebih asyik bermain sendiri dengan HP dibanding bermain berinteraksi dengan temanteman sebayanya
  3. Anak akan marah, prustasi, gelisah dan stres ketika tidak diberikan HP untuk bermain
  4. Anak akan naik pitam, menangis bahkan mengamuk jika sedang bermain HP kemudian HPnya di ambil.
  5. Anak menjadi malas (malas mandi, malas makan, malas belajar bahkan enggan berangkat sekolah)
  6. Pola tidur terganggung karena anak suka bermain hingga larut malam
Stop!!! Jangan biarkan anak menjadi kecanduan HP. Upayakan sedini mungkin agar anak anda tidak memiliki ciri-ciri di atas. Jika semua indikasi di atas sudah ada pada anak anak, maka akan sulit untuk merehabilitasinya agar kembali ke kehidupan normal. Untuk itu, laukan 6 tips sederhana agar anak tidak kecanduan HP berikut ini.

6 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan HP


1. Mulai dari diri sendiri
Seorang anak akan mencontoh perilaku orang tuanya. Jika orang tuanya sering bermain HP dan sering mengacuhkan anak-anak, maka anak juga demikian. Mereka akan lebih suka mainan HP dan suka mengacuhkan orang di sekitarnya termasuk orang tua. 

Untuk itu sangat penting untuk membatasi diri dalam penggunaan HP atau gadget di rumah. Upayakan luangkan banyak waktu untuk beriteraksi dengan anak-anak. Bisa melalui permainan sederhana yang tidak menggunakan HP, bercerita, atau melakukan aktivitas fisik lainnya.
2. Jadilah orang tua yang kreatif
Sebagai orang tua harus kreatif dan cerdas membaca situasi. Jangan hanya mengandalkan emosi, tapi gunakan rasa dan akal sehat. Buatlah permainan-permainan yang menarik perhatian anak-anak sehingga perhatiannya lepas dari HP.

Jangan merasa risi rumah menjadi kotor dan berantakan, jika dengan cara demikian anak akan lebih banyak melakukan aktifitas fisik dan menjadi kreatif. Jadikanlah media apapun yang ada dirumah menajdi sebuah permainan yang menyenangkan. Sangat direkomendasikan agar anak mengenal permainan-permainan tardisional yang membutuhkan aktifitas fisik, sosial dan kerjasama.

3. Tumbuhkan pada anak rasa cinta pada buku
Meskipun segala macam informasi bisa diakses via HP, tapi jangan pernah tinggalkan buku. Mulai dari orang tua untuk mencintai buku, misal dengan mengoleksi buku-buku bacaan dan upayakan setiap hari ada aktifitas membaca. Sediakan juga buku-buku yang menarik perhatian anak, deganan demikian ketika orang tua membaca anak juga akan tertarik untuk ikut membaca bersama orang tua. 

4. Ajak anak bermain di luar ruangan
Orang tua bisa membiasakan anak-anak untuk berolahraga, misal dengan bermain bola, bermain tenis, bermain bulu tangkis, jalan-jalan pagi atau sore hari dan sesekali ajaklan anak bermain ke alam terbuka. Tanamkan pada anak bahwa bermain di luar ruangan lebih menyenangkan dibanding hanya bermain di dalam raungan dengan memelototi layar hp secaa terus menerus. 

5. Boleh bermain HP, tapi batasi
Melarang seacara total agar anak tidak bermain HP juga kurang baik, karena anak akan merasa minder dengan teman-temannya yang terbiasa bermain HP. Berikan mereka haknya untuk bermain HP, tapi batasi waktunya. Misal, bermain setengah jam saja. Tapi, jangan minta anak-anak untuk berhenti secaa mendadak saat sedang asyik bermain. Orang tua bisa meminta anak berhenti dengan tenggang waktu. Misal, nak main HP jangan terlalu lama, nanti matanya rusak, 5 menit lagi tolong HPnya dimatikan ya. Dengan cara seperti ini anak tidak akan merasa dikekang dan dibatasi.

6. Jangan belikan hp untuk anak
Sekalipun orang tua memiliki uang untuk membelikan HP untuk anak, tapi sangat tidak dianjurkan untuk memberikan kepada anak hak secara penuh pada sebuah HP. Membelikan HP untuk anak itu artinya orang tua memberikan hak memiliki pada HP tersebut. Jika anak sudah merasa memiliki, maka anak akan merasa bebas bermain HP karena merasa itu miliknya sendiri. Jadi, biarkan anak bermain HP dengan meminjam HP orang tua, atau HP yang dikhususkan untuk anak tapi tetap status kepemilikan ada pada orang tua.

Nah itulah cara agar anak tidak kecanduan HP, lakukan 6 tips di atas sekarang juga sebelum menjadi terlanjur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top