Senin, Oktober 09, 2017

Perhatian!!! Operator Sekolah Wajib Mengisi Nomor UKG Pada Aplikasi Dapodik

Perhatian!!! Operator Sekolah Wajib Mengisi Nomor UKG Pada Aplikasi Dapodik - Nomor UKG atau Uji Kompetensi Guru adalah nomor unik yang dimiliki oleh para guru untuk login di akun SIMPKB. Nomor unik ini juga sebagai nomor identitas dalam mengikuti Uji Komptensi Guru.

Tidak hanya itu, nomor UKG ini sekarang juga dijadikan sebagai pintu masuk untuk melihat info GTK para guru, karena layanan info PTK sekarang ada di dalam akun SIMPKB. Jadi', untuk menlihat info GTK kini guru harus masuk atau login ke akun SIMPKB masing-masing.

Silakan Baca : Cara Cek Info Tunjangan Profesi Guru Terbaru 2017

Saat ini, meskipun nomor UKG belum dimasukkan dalam aplikasi dapodik sebagian besar guru masih bisa melihat info GTK, tapi ke depannya diinformasikan dalam laman dapodikdasmen bahwa jika nomor UKG tidak dimasukkan dalam aplikasi dapodik maka guru tidak akan bisa mengakses info GTK. Bahkan, saat ini ada juga yang tidak bisa masuk ke halaman info GTK karena nomor UKG belum dimasukkan dalam apliaksi dapodik.

Beberapa penjelasan terkait input data UKG dalam aplikasi dapodik adalah sebagai berikut :
  1. Bertujuan untuk digunakan dalam proses integrasi SIMTUN dan SIMPKB.
  2. Belum 100% guru yang memiliki NUPTK sehingga ada data yang tidak match antara SIMTUN dan SIMPKB.
  3. Untuk memudahkan proses integrasi, dipandang perlu  jembatan 2 sistem tersebut, dibutuhkan nomor unik  yaitu nomor peserta UKG.
  4. Nomor peserta UKG ini yg di ambil sebagai nomor unik untuk mengidentifikasi data individu antar 2 sistem khususnya bagi PTK-PTK yg tidak memiliki NUPTK.
  5. Nilai UKG tidak wajib di input pada Aplikasi Dapodik. Apabila nilai UKG belum diketahui, untuk sementara dapat diisi dengan 
    angka 0 (nol).

Cara Input Nomor UKG ke Dalam Aplikasi Dapodik

1. Silakan login ke dalam aplikasi dapodik
2. Klik menu GTK, pilih sub menu Guru, klik pada guru yang akan dimasukkan nomor UKG nya, klik ubah.

3. Kemudian pilih pada Tab Nilai Test, untuk pertama kali masuk maka pada tab ini belum ada isinya (masih kosong). Untuk memasukkan nomor UKG silakan klik Tambah.

Ada beberapa pilihan tes, silkan pilh UKG. Pada kolom berikutnya akan otomatis terisisi, anda hanya tinggal mengisi tahun, skor dan nomor peserta. Setelah diisi silakan klik Simpan, hasinya akan seperti di bawah ini.

Nah jika sudah seperti screen shoot di atas maka nomor UKG sudah berhasil dimasukkan ke dalam apliaksi dapodik. Silakan lanjutkan ke guru yang lain sehingga nomor UKG semua guru dimasukkan ke dalam aplikasi dapodik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top