Minggu, Januari 14, 2018

Belajar Antariksa Paling Menyenangkan Dengan Media Interaktif Kemdikbud

Belajar Antariksa Paling Menyenangkan Dengan WorldWite Telescope - Belajar antatariksa adalah pembelajaran tentang alam semesta yang berkaitan dengan planet-planet, bintang-bintang dan benda-benda langit lainnya. Pelajaran ini masuk dalam pelajara sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan sudah dikenalkan sejak di bangku sekolah dasar. Untuk memudahkan pembelajaran tentang antariksa, kemdikbud menyediakan sebuah aplikasi online dengan sebutan WorldWide Telescope.

Aplikasi belajar antariksa online kemdikbud ini memiliki fitur sangat lengkap. Sangat direkomendasikan untuk para siswa yang ingin mendalami materi pelajaran antariksa dengan menggunakan aplikasi ini. Nah, apa saja fitur-fitur unggulan dari aplikasi antriksa ini? Silakan anda jelajahi dan dapatkan pengetahuan lebih tentang antariksa.

Belajar Antariksa Apa Saja Dengan WorldWide Telescope?


1. Earth atau Bumi
Pertama anda bisa amempelajari planet bumi secara detail dengan menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya sebuah planet yang berupa peta buta, tapi anda juga bisa menjelejahi dunia dengan maps atau peta yang lengkap dengan nama kota dan jalan yang ada di seluruh dunia.

Gambar di atas adalah screen shoot dari planet bumi yang saya ambil dari bagian Indonesia, untuk melihat peta jalan silakan anda perbesar gambar dengan menekan tombol + sehingga anda melihat kota-kota yang ada Indonesia kemudian fokus pada kota tertentu, perbesar terus sehingga akan nampak peta jalan pada kota tersebut. Contohnya seperti ini.



2. Planet
Mempelajari planat tidak bisa dipisahkan dari belajar antariksa, maka pada aplikasi WorldWide Telescope anda bisa mempelajari planet-planet yang ada dalam galaxi bima sakti atau solar system. Anda bisa melihat satu persatu planet yang ada dengan mengklik planet yang anda ingin pelajari.

3. Panorama
Di sini anda bisa melihat foto-foto yang diambil oleh nasa yang kemudian dipublikasikan. Kejadian-kejadian atau fenomena alam di antariksa yang telah terekam oleh kamera satelit bisa anda lihat di sini. Koleksinya sangat banyak dan pastinya akan bisa memperkaya pengetahuan anda tentang antariksa.

4. Solar System
Pada fitur ini anda bisa mempelajari planet-planet yang ada dalam galaxy yang ditampilkan dalam format gambar 3D. Setiap klik planet maka akan menampilkan animasi yang menunjukkan perputaran planet.


Kelemahan Aplikasi Belajar Antariksa WorldWide Telescope

Meksipun aplikasi ini terbilang lengkap, namun amat sangat disayangkan, aplikasi ini tidak mendukung bahasa Indonesia dan tidak dilengkapi dengan keterangan dari setiap obyek baik dalam bentuk tulisan maupun audio. Nah amah sangat disayangkan, karena tidak adanya fitur keterangan baik tulisan maupun suara maka anda hanya bisa melihat-lihat gambar-gambar saja tanpa tahu lebih dalam tentang gambar yang anda lihat. Mudah-mudahan ke depannya aplikasi ini akan disempurnakan dengan mendukung bahasa Indoensia dan dilengkapi dengan keterangan dari setiap obyek yang dipelajari. Misal, anda membuka planet bumi maka akan ada penjelasan tentang planet bumi secara detail mulai dari ukuran, jarak bumi ke matahari, perputaran bumi dan penjelasan lainnya. Begitu juga dengan obyek-obyek lain. Kita tunggu saja perkembangan aplikasi ini. Hehehe...

Belajar Antariksa Ofline
Aplikasi WorldWide Telescope juga bisa anda bukan secara ofline, caranya silakan anda downlad aplikasi ini, klik di sini untuk download. Anda bisa memilih tiga aplikasi, namun saya sarankan agar anda memilih yang WorldWide Telescope 5.5 for Windows.

Nah demikian belajar antariksa paling menyenangkan dengan media interaktif, semoga bermanfaat untuk para siswa yang ingin memperdalam pelajaran antariksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top