Sabtu, Maret 24, 2018

SKTP Guru Tidak Keluar, Coba Lakukan Ini

SKTP Guru Tidak Keluar, Coba Lakukan Ini - Menjelang persiapan penerbitan SKTP biasanya operator dapodik dinas kabupaten akan mengeluarkan nominasi atau daftar usulan penerbiatan SKTP yang diambil dari data dapodik yang sudah diinput oleh para operator sekolah. Semua operator sekolah pastinya berharap semua guru penerima tunjangan sertifikasi bisa menerima SKTP. Namun kadang kenyataan berkata lain, meskipun pada periode sebelumnya semua data guru valid dan menerima SKTP semua tapi pada periode berikutnya justru data menjadi tidak valid dan SKTP belum siap cetak.

Nah mengapa ini terjadi? Pada saat ini, semua data kepegawaian harus valid, salah satu kevalidan yaitu sinkronnya data dapodik dengan data BKN. Sering sekali tidak keluarnya SKTP dikarenakan karena tidak sinkronnya data dapodik dengan data yang ada di BKN. Misal, NIK di dapodik tidak sama dengan NIK yang ada di BKN.

Baca Juga : Penting!!! Guru PNS Zaman Now Harus Tahu Link-Link Berikut Ini

Lalu apa yang harus dilakukan? Untuk mencari sumber masalah yang menjadi penyebab SKTP tidak keluar, silakan cek dulu info gtk. Inilah yang sangat disarankan kepada para operator sekolah, yaitu untuk cek kevalidan data di info GTK. Seperti kita ketahui bahwa pada info GTK ini akan muncul keterangan dimana letak ketidak validan data. Dengan demikian maka operator sekolah akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah yang menyebabkan SKTP guru tidak keluar.

Penyebab SKTP Guru Tidak Keluar

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan SKTP guru tidak keluar. Penyebab utama tentunya adalah ada pada aplikasi dapodik, sedangkan aplikasi-aplikasi lain sebagai faktor eksternal, sangat kecil kemungkinannya untuk menyebabkan SKTP tidak keluar. Nah dari sekian banyak masalah dapodik, ada beberapa hal penting yang apabila bermasalah akan mengakibatkan SKTP guru tidak keluar, diantaranya adalah :
1. Nama guru tidak valid (tidak sama dengan nama yang ada di BKN)
2. NUPTK tidak valid (tidak sama dengan NUPTK yang ada di BKN)
3. Tempat tanggal lahir tidak valid (tidak sama dengan tempat tanggal lahir di BKN)
4. NIK tidak valid (NIK tidak sama dengan NIK yang ada di BKN)
5. Kode sertifikasi salah
6. Keaktifan pada dapodik (menu penuagasan) lupa tidak dicentang
7. Jam mengajar kurang dari 24 jam
8. Tugas mengajar tidak linier dengan ijazah dan sertifikat pendidik

Nah itulah beberapa penyebab SKTP guru tidak keluar yang saya ingat dan saya catat pada artikel ini. Mungkin yang lainnya ada, tapi saya tidak pernah mengalami dan mungkin juga tidak tahu. Hehehe....

Untuk mengetahui lebih pasti apa yang menyebabkan tidak keluarnya SKTP, silakan cek info GTK pada link http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari operator dinas pendidikan dan kebudayan kabupaten, bahwa link-link alternatif saat ini sudah ditutup. Jadi hanya ada satu pintu untuk melakukan cek ingo GTK yaitu melalui link di atas.

Baca Juga : Ujian Nasional SD 2018, Soal 3 Mapel Disertai Soal Esay

Setelah tahu dimana letak kesalahan data atau ketidak validan data, silakan segera perbaiki datanya pada aplikasi dapodik dan lakukan sinkronisasi ulang. Pekerjaan ini harus secara cepat dikerjakan oleh operator sekolah, karena kita tidak tahu kapan perbaikan data akan ditutup. Jadi, seorang operator sekolah harus benar-benar up to date dalam mengikuti informasi-informasi seputar dapodik.

Hal Yang Tidak Kalah Penting Seputar SKTP

Selain tidak keluarnya SKTP, ada hal yang sangat urgen atau penting. Meskipun SKTP guru keluar, mungkin ada data yang dalam pandangan guru penerima tunajgan sangat penting, yaitu jumlah gaji pokok. Nah lhoo.... siap hayo yang tidak pernah mengupdate data isian riwayat gaji berkala. Kalau selama ini anda menganggap bahwa data isian riwayat gaji berkala tidka penting, mulai sekarang anda harus merubah paradigma anda, yaitu menganggap semua data di dapodik itu penting, apalagi masalah riwayat gaji berkala.

Baca Juga : 3 Ciri Orang-Orang Sukses Yang Bisa Anda Tiru Jika Ingin Sukses

Kareana kenapa? Karena dari data isian inilah, besaran tunjangan sertifikasi atau tujangan profesi guru akan ditentukan. Kita tahu bahwa besaran tunjangan profesi guru, sama dengan gaji pokok para riwayat gaji berkala terakhir. Contoh misal, untuk mentukan besaran tunjangan profesi guru triwulan I maka akan diambil dari gaji berkala maksimal TMT 1 Januari tahun berjalan.

Jadi, sangat penting bagi operator sekolah untuk selalu menanyakan kepada guru apakah ada SK gaji berkala terbau ketika akan melakukan updating data pada palikasi dapodik. Jika itu tidak dilakukan, maka guru akan merasa dirugikan karena tunjangan profesi yang diterimanya lebih sedikit dari yang seharusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top