Jumat, April 06, 2018

Ujian Nasional SD 2018, Soal 3 Mapel Disertai Soal Esay

Ujian Nasional SD 2018, Soal 3 Mapel Disertai Soal Esay - Ujian Nasional SD tahun 2018 dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 3 Mei 2018. Soal yang akan diujikan terdridi dari 3 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Ada yang berbeda pada ujian nasional SD tahun 2018 dengan ujian sekolah tahun 2017 lalu. Pada ujian nasional SD tahun 2018 ini, siswa tidak hanya akan mengerjakan soal pilihan ganda, tapi juga harus mengerjakan soal esay.

Komposisi soal ujian nasional SD 2018 sebaganyak 20 sampai dengan 25 persen disiapkan oleh sekolah dan 75 - 80 persen disiapkan oleh pemerintah pusat. Selain itu 10 persen dari keseluruhan soal terdiri dari soal esay. Selain 3 mapel yang masuk ujian nasional, siswa juga harus bersiap-siap untuk mengerjakan soal soal ujian sekolah yang terdiri dari 5 mapel, yaitu Pendidikan Agama, PPKn, SBK, IPS dan Penjasorkes.

UJIAN NASIONAL SD 2018
UJIAN NASIONAL SD 2018

Baca Juga



Baca Juga : Kisi-Kisi Ujian Nasional SD 2018 8 Mapel

Denan komposisi soal seperti itu diharapkan agar guru semakin memahami tentang standar isi, standar evaluasi, terutama kompetensi lulusan yang diharapkan. Bukan sekadar apa yang diajarkan guru, tapi apa yang harus dimiliki oleh siswa saat dinyatakan lulus. 

Dengan adanya soal esay pada ujian nasional SD 2018 ini, guru harus benar-benar ekstra keras dalam mempersiapkan para siswa untuk mengikuti ujian. Karena tantangannya tidak hanya asal memilih, tapi siswa juga harus bisa menjawab soal esay yang tentunya memerlukan pemahaman secara mendalam terhadap materi yang diujikan.

Ada baiknya para siswa mengetahui tentang kisi-kisi ujian nasional SD tahun 2018. Karena dengan mengetahui dan memahami tentang kisi-kisi yang akan diujikan, siswa bisa lebih fokus dalam mempelajari materi khsusus pada materi yang akan diujikan. Setelah selesai memahami kisi-kisi perbanyaklah mengerjakan latihan soal ujian nasional.

Baca Juga : Soal Ujian Nasional SD 2018 Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Ujian nasional SD tahun 2018 harus sukses, baik sukses dilihat dari segi kelulusan maupun sukses secara penyelenggaraan. Untuk bisa sukses dalam hal mencapai tingkat kelulusan yang sesuai harapan, maka guru harus mempersiapkan siswa lebih matang dalam menghadapi ujian nasional. Sedangkan agar sukses penyelenggaraan, guru dan kepala sekolah sebagai yang berwenang dalam penyelenggraan harus memahami betul tentang Prosedur Operasional Standar.

Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional SD 2018 bisa anda unduh di Google Drive yang dishare oleh BSNP. Silakan pelajari POS tersebut untuk kesuksesan penyelenggataan ujian nanti. Semoga para siswa bisa mengerjakan soal dengan baik dan benar sehingga bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top